Latest News

YANG MESTI DIPERHATIKAN JIKA INGIN MENGUPGRADE/MENGGANTI RAM ?

 1. JENIS RAM (DDR)
Beda jenis DDR ram, beda soket, jelas g akan bisa dipasang jika DDRnya tidak sama. Misalkan DDR 2 dan DDR 3 jelas beda jarak celah pembatas pada soketnya.
Gambar dari Geek


2. JUMLAH SOKET RAM YG TERSEDIA
Jika ingin menambah kapasitas ram dengan memasang lebih dari 1 ram, maka harus diperhatikan ada berapa jumlah soket atau slot ram yang tersedia, jika ada lebih dari 1 soket, maka bisa saja menambahkan ram baru, jika hanya ada satu maka ram lama akan terbuang digantikan ram baru.

3. CLOCKSPEED
Penting memperhatikan clockspeed pada ram karena akan berpengaruh pada kinerja ram dan bisa juga berefek negatif.
clockspeed ditandai dengan tulisan PCxxxxxHz dan biasanya tertera pada label yg ada di body ram.
Perhatikan ram lama, berapa keterangan clockspeednya, misalkan yg lama tertulis 1GB PC10600hz maka usahakan memasang yg sama sekalipun kapasitas memorynya lebih besar, misal 2GB PC10600.
Hal ini juga berlaku jika memasang ram lebih dari 1 slot, maka keduanya harus imbang, jika tidak maka akan muncul efek bottle-neck dimana ram yang tinggi akan menurun kecepatannya mengikuti yg terendah dan biasanya akan merusak memory ram.
Menaikkan clockspeed jika masih bisa ditampung oleh mainboard maka hasilnya akan bagus, kecepatan eksekusi data akan bertambah kencang, tapi jika mainboard tidak support maka hasilnya akan blue screen atau layar akan rusak tampilannya, kebetulan ane pernah nemuin sendiri kasus ini, setelah clockspeed ane turunin, cpu jadi aman ...

4. KAPASITAS MEMORY JIKA LEBIH DARI 1 KEPING USAHAKAN SAMA